- Ternyata kolesterol baik untuk tubuh

Rabu, 27 September 2017

Ternyata kolesterol baik untuk tubuh

Ternyata kolesterol baik untuk tubuh,- selama ini kita menganggap kolesterol adalah musuh utama tubuh. Kolesterol memunculkan penyakit. Tapi di balik itu semua, kolesterol tetap dibutuhkan tubuh karena bermanfaat. Asal jumlahnya tidak melewati batas. Berikut manfaat kolesterol untuk tubuh:

Produksi hormon
Kolesterol digunakan untuk menghasilkan hormon steroid. Hormon in termasuk hormon seks, estrogen dan progesteron pada wanita dan testosteron pada pria. Hormon-hormon tersebut memicu perkembangan dari ciri-ciri fisik karakteristik wanita dewasa dan laki-laki. Mereka juga berperan dalam reproduksi.

Hormon steroid lainnya termasuk kortisol yang di hasilkan dari kolesterol, yang berfungsi mengatur kadar gula darah dan mempertahankan tubuh terhadap infeksi dan aldosteron, yang penting untuk mempertahankan garam dan air dalam tubuh.

Tubuh bahkan dapat menggunakan kolesterol untuk membuat vitamin D, yang bertanggung jawab untuk membangun tulan dan gigi yang kuat.

Pencernaan
Kolesterol digunakan untuk membuat empedu. Cairan kehujanan tersebut di produksi oleh hati dan di simpan di kantong empedu. Tubuh membutuhkan empedu untuk mencerna makanan yang mengandung lemak.

Setelah lemak di cerna, empedu membantu tubuh untuk menyerapnya. Kehadiran empedu dalam usus di perlukan sebelum kolesterol dapat di serap dari makanan. Tubuh membutuhkan empedu dalam rangka untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K, vitamin yang larut dalam lemak, yang berasal dari makanan atau suplemen.

Kekebalan tubuh
Kolesterol sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik. Sel-sel kekebalan tubuh kita bergantung pada kolesterol untuk melawan infeksi. Orang dengan kadar kolesterol darah rendah terhadap berbagai infeksi, menderita dari mereka lebih lama dan lebih mungkin untuk meninggal akibat infeksi.

Antioksidan
Kolesterol bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan membantu menyembuhkan kerusakan akibat radikal bebas. Kolesterol juga bermanfaat selama proses penyembuhan setelah operasi. Selama operasi, jaringan dipotong dan banyak arteri kecil, vena dan kapiler rusak. Kolesterol membersihkan dan menyembuhkan luka pada pembuluh darah dan jaringan.

Membantu sel
Kolesterol berguna dalam menjaga integritas sel. Kolesterol memberi lapisan pelindung pada membran sel. Tidak adanya kolesterol, maka membran sel akan kering dan seluruh isi sel akan keluar, akhirnya sel pun akan mati.

Kolesterol tetap di perlukan tubuh, tapi perhatikan kadar kolesterol anda agar tidak berubah menjadi penyakit mematikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar