- Fakta mengejutkan tentang kolesterol

Selasa, 26 September 2017

Fakta mengejutkan tentang kolesterol

Fakta mengejutkan tentang kolesterol,- kolesterol seringkali di anggap sebagai musuh yang bisa membahayakan kesehatan, karena banyaknya makanan yang mengandung kolesterol jahat (LDL). Sehingga banyak yang mengganggap kolesterol sebagai zat berbahaya bagi kesehatan dan jantung.

Namun sebenarnya, selain kolesterol jahat, terdapat banyak fakta lain di balik kolesterol yang perlu Anda ketahui. Berikut daftarnya:

Anak-anak juga bisa terkena masalah kolesterol
Sejarah penyakit keluarga adalah yang bertanggung jawab dalam hal ini. Jika keluarga memiliki sejarah penyakit obesitas dan jantung, maka anak-anak berusia dua tahun juga bisa terkena masalah kolesterol. Untuk itu, jangan meremehkan risiko kolesterol. Selalu biasakan gaya hidup sehat untuk keluarga, termasuk anak-anak.

Rendah kolesterol juga berakibat buruk
Selama ini kita hanya berpikir bahwa kolesterol yang tinggi buruk untuk kesehatan. Padahal, tingkat kolesterol yang rendah juga seringkali berkaitan dengan masalah kesehatan. Sangat penting untuk mengontrol kolesterol pada tingkat yang stabil, tidak terlalu tinggi atau rendah. Tingkat kolesterol yang terlalu rendah, di bawah 160 mg/dL mampu meningkatkan risiko kanker, depresi, dan kelahiran prematur.

Olahraga meningkatkan kolesterol baik
Olahraga sehari-hari sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama jika anda ingin menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh. Olahraga sehari-hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Kolesterol meningkat setelah menopause
Sebelum menopause terjadi, hormon estrogen membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol. Namun, setelah wanita mengalami menopause, hormon estrogen menurun dan menyebabkan kolesterol buruk meningkat. Kolesterol yang meningkat juga menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung pada wanita.

Gejala kolesterol tinggi seringkali terlihat
Untuk menurunkan kadar kolesterol, kebanyakan orang akan pergi ke dokter. Padahal gejala kolesterol tinggi bisa dilihat secara langsung, yaitu melalui benjolan berwarna merah pada tubuh. Benjolan ini disebut xanthomas, dan biasanya disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar