- Cara mengontrol kolesterol secara alami

Senin, 25 September 2017

Cara mengontrol kolesterol secara alami

Cara mengontrol kolesterol secara alami,- Gaya hidup yang salah dan mengonsumsi makanan yang tak sehat telah menyebabkan banyak masalah kesehatan pada manusia. Salah satunya adalah tingginya kolesterol. Kolesterol yang tinggi tak dapat dibiarkan karena bisa berujung pada penyakit lain yang lebih fatal, yaitu serangan jantung dan stroke.

Untuk itu, mengontrol kolesterol tentunya sangat penting, sebelum semakin parah dan menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol:

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol kolesterol secara alami. Turunkan berat badan diikuti dengan melakukan pola makan yang sehat. Kurangi minum kopi, makanan cepat saji, dan mulai mengonsumsi makanan alami yang mengandung banyak antioksidan. Tambah porsi sayuran hijau dan buah pada diet Anda. Anda akan melihat banyak perbedaan pada berat badan dan kolesterol hanya dalam beberapa hari.

Bawang putih
Bawang putih dan keluarga bawang lain seperti bawang merah dan bawang bombay bisa menjadi sahabat Anda untuk mengontrol kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Gunakan bawang dalam masakan atau salad Anda. Bawang putih adalah yang terbaik untuk mengontrol tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Hindari makanan berlemak
Makanan berlemak seperti gorengan dan kue mengandung lemak trans yang bisa menaikkan tingkat kolesterol jahat. Untuk itu sebaiknya hindari makanan berlemak. Selain itu, perhatikan juga label pada makanan kemasan. Hindari makanan kemasan yang terlalu banyak mengandung lemak trans karena ini juga bisa meningkatkan kolesterol anda.

Konsumsi asam lemak omega 3
Cara ideal untuk mengontrol kolesterol yang tinggi adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3. Ini sangat cocok jika Anda menyukai ikan, salmon, tuna, dan makarel. Ikan-ikan tersebut bisa menjadi penolong Anda untuk menurunkan tingkat kolesterol buruk dan menjaga kesehatan. Almond, susu, dan kacang walnuts juga bisa memberikan asupan asam lemak omega 3.

Olahraga
Olahraga adalah cara mudah dan murah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol dan mengontrolnya. Bahkan olahraga selama 30 menit dalam seminggu pun bisa Anda lakukan untuk mengontrol tingkat kolesterol. Hindari memakai elevator atau lift dan coba menggunakan tangga. Lakukan aktivitas yang membuat tubuh banyak bergerak. Sedikit olahraga saja bisa membantu Anda menjaga tingkat kolesterol.

Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar