- Bunda, Begini Bedanya Gejala Alergi dan Infeksi

Rabu, 12 April 2017

Bunda, Begini Bedanya Gejala Alergi dan Infeksi

Bunda, Begini Bedanya Gejala Alergi dan Infeksi,- ALERGI terjadi akibat gangguan sistem kekebalan tubuh yang abnormal. Bunda harus mengenali gejalanya, karena tak melulu kulit jadi kemerahan.

Ada banyak gejala alergi yang harus dikenali orangtua. Karena gejalanya bisa mengakibatkan gangguan saluran pencernaan dan gangguan pernapasan.

"Paling sering bisa muncul di kulit jadi kemerahan, biduran. Dari napas bisa timbul mengi, bengek, dan asma. Bisa juga anak diare, kolik, gumoh, perutnya mulas," kata Spesialis Anak Dr dr Prof Budi Setiabudiawan SpA(K), ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Tapi sayangnya, orangtua cukup sulit membedakan gejala alergi dan infeksi. Banyak anak-anak alergi tapi malah dikira batuk dan pilek karena infeksi.

Prof Budi menyebutkan, gejala alergi dan infeksi jelas berbeda. Umumnya gejala alergi tak disertai dengan demam tinggi yang mengganggu aktivitas si kecil.

"Kalau anak infeksi pasti ada demamnya, meler, batuk, ingusnya kental dan terjadi sepanjang hari. Kalau alergi enggak ada demamnya, meler-melernya pun cuma malam menjelang pagi, pangkasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar