- Makanan yang dapat menurunkan kolesterol

Minggu, 20 Agustus 2017

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol,- Kebanyakan orang tak menanggapi penyakit kolesterol dengan terlalu serius. Padahal seseorang yang memiliki kolesterol yang tinggi sangat beresiko terkena masalah kesehatan yang serius layaknya penyakit kardiovaskular yang menimbulkan stroke dan serangan jantung, seperti yang dilansir dari webmd.com. Menurut American Heart Association, "Anda dapat mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengonsumsi makanan sehat". Jadi, simaklah sembilan makanan super yang bisa menurunkan kolesterol

1. Gandum
Jika Anda mengganti sarapan pagi Anda dengan gandum, maka level kolesterol Anda dapat terjaga dengan baik. Dua porsi gandum dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 5,3 % hanya dalam 6 minggu. Pada dasarnya, gandum mengandung zat yang disebut beta-glucan yang menyerap kolesterol jahat.

2. Red wine
Anggur merah yang digunakan dalam pembuatan anggur merah memiliki efek yang penting pada kadar kolesterol. Untuk menurunkan kolesterol, Anda hanya perlu minum dua gelas anggur merah dalam seminggu. Itu jauh lebih baik!

3. Salmon dan lemak ikan
Makanan ini mengandung banyak asam lemak Omega-3 dan salmon juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kondisi jantung Anda. Itu akan menghindarkan Anda dari bahaya serangan jantung, stroke, dan kadar kolesterol yang tinggi. Ikan seperti salmon, sardines, dan herring dapat membantu Anda untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 %.

4. Kacang
Kacang adalah makanan terbaik yang memberikan orang lemak sehat yang diperlukan tubuh Anda. Lemak yang berasal dari kacang itu alami dan tidak diproses secara kimiawi. Jadi, makanan ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

5. Kacang-kacangan
Kacang ini sempurna untuk jantung. Anda hanya memerlukan setengah cangkir kacang-kacangan untuk ditambahkan dalam makanan. Makanan ini membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol sebesar 8 %. Anda harus mencoba kacang hitam, kedelai, pinto. Mereka bisa memasok sekitar sepertiga kebutuhan serat tubuh dalam sehari.

6. Teh
Teh memiliki kandungan antioksidan dan jumlah kafeinnya lebih sedikit dari kopi. Secangkir kopi yang berisi 8 ons kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan teh mengandung hanya 30 sampai 40 mg per cangkir. Teh membantu dalam melindungi tulang Anda karena kandungan phytochemical di dalamnya. Teh juga merupakan menjaga kadar kolesterol LDL Anda.

7. Coklat
cokelat hitam kaya akan antioksidan dan mampu mengurangi kadar kolesterol. Menurut penelitian di Spanyol yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam Journal of Hepatology, "Antioksidan dalam dark chocolate mengurangi kerusakan yang dapat terjadi pada pembuluh darah yang selanjutnya dapat mengancam kesehatan orang dengan sirosis. Dark chocolate dapat membantu mencegah pembuluh darah di hati dari pecah". Ahli medis menunjukkan bahwa mengunyah 100 gram cokelat setiap hari membantu mengurangi terjadinya risiko kardiovaskular sebesar 21 %.

8. Bayam
Popeye, sang Pelaut, sangat menyukai jenis sayuran ini sebab memberinya kekuatan. Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.

9. Minyak zaitun
Minyak ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar