- Apa perbedaan antara lemak dan kolesterol

Senin, 24 Juli 2017

Apa perbedaan antara lemak dan kolesterol

Apa perbedaan antara lemak dan kolesterol,- bagi beberapa orang, lemak dan kolesterol di anggap sama dan berbahaya bagi tubuh. Padahal penting bagi anda untuk mengetahui perbedaan keduanya. Sehingga anda tidak perlu menghindari lemak dan kolesterol sepenuhnya.

Untuk penjelasan lebih jauh, simak langsung ulasan tentang lemak dan kolesterol berikut ini:

Apa itu lemak?
Lemak terdiri atas komponen yang umumnya larut dalam cairan organik tak lemak jenuh yang terdiri dari monounsaturated dan polyunsaturated fat. Kemudian ada lemak trans, lemak cis, asam lemak omega, dan lemak jenuh (saturated fat) yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung.

Rekomendasi konsumsi
Ahli nutrisi menyebutkan bahwa asupan lemak sebaiknya dinikmati orang dewasa 15-30 persen dari total kalori. Namun itu semua juga tergantung dengan aktivitas fisik yang di lakukan.

Apa itu kolesterol?
Kolesterol di produksi oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel dan membran di sekitar sel untuk melindunginya. Pada dasarnya kolesterol bukan lemak, namun lebih kepada senyawa kimia yang diproduksi hati. Kolesterol juga ditemukan dalam keju, telur, mentega, dan daging merah yang berlemak. Meskipun dibutuhkan, namun konsumsi kolesterol berlebihan tidak baik bagi jantung.

Bagaimana mengukur kolesterol?
Cara mengukur kolesterol adalah dengan panduan LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). LDL seseorang maksimal sebaiknya 130 milligram dan HDL berkisar di angka 70 milligram. Selain itu, kombinasi keduanya tidak boleh melebihi 200 milligram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar