- Benjolan pada Payudara dan Ketiak tak Selamanya Tanda Kanker

Jumat, 07 April 2017

Benjolan pada Payudara dan Ketiak tak Selamanya Tanda Kanker

Benjolan pada Payudara dan Ketiak tak Selamanya Tanda Kanker,- kamu pernah merasakan adanya benjolan di payudara atau ketiak? Kemungkinan besar wanita yang menemukan benjolan di area ini langsung khawatir dan panik, jangan-jangan benjolan tersebut adalah kanker. Tapi tunggu dulu, kamu jangan buru-buru panik karena tak semua benjolan berarti kanker payudara.

Hal ini di diperkuat dengan penjelasan oleh spesialis Bedah Onkologi dr Bob Andinata, SpB(K)Onk, yang mengungkapkan bahwa sebenarnya semua perempuan pasti akan merasakan benjolan di bagian tersebut, tapi hanya 20 persen kemungkinannya kalau itu kanker.

Kalau benjolannya sakit atau terasa nyeri, bisa dipastikan itu bukan kanker. Apalagi kalau terjadinya menjelang atau awal menstruasi. Biasanya kalau diperiksa itu hanya kista yang akan hilang karena hormon," ungkapnya saat ditemui dalam acara Beban Kanker Payudara Terus Meningkat oleh Roche di jakarta.

Namun, ketika benjolan saat dipegang terasa keras dan tidak nyeri atau sakit, hal inilah yang patut kita curigai. Sebab itulah tanda benjolan kanker pada payudara stadium satu. Jika menemukan kasus seperti itu, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Sebenarnya kanker bisa terasa sakit, tapi kalau sudah stadium 3-4. Tapi kalau sudah stadium lanjut, biasanya tandanya tidak hanya benjolan saja, tapi perubahan terhadap keadaan payudara, tambahnya.

Berbeda dari benjolan tumor, kanker juga bisa berkembang ke bagian tubuh lain, tanpa jeda waktu. Seperti ke paru-paru, yang menyebabkan susah bernapas, hati yang membuat perasan mual atau pun tulang yang bisa berefek pada kelumpuhan.

Meskipun tak semua benjolan adalah kanker, segera periksakan jika kamu menemukan benjolan. Semakin cepat diketahui penyebab benjolan, semakin cepat penanganan yang kamu dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar