- Setelah melahirkan, wanita lebih rentan kena kanker payudara

Rabu, 25 Juli 2018

Setelah melahirkan, wanita lebih rentan kena kanker payudara

Setelah melahirkan, wanita lebih rentan kena kanker payudara,- Ketika hamil, wanita akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Terutama juga pada bagian payudara. Ketika hamil, payudara wanita semakin membesar. Selain itu, ada hal yang lain yang juga berubah pada payudara wanita ketika mereka hamil. Penelitian mengungkap bahwa wanita yang hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Avon Foundation itu, risiko kanker payudara akan meningkat ketika kehamilan wanita sudah sampai pada tahap akhir dan tetap tinggi sampai 10 tahun mendatang. Risiko terkena kanker payudara bahkan berada pada tingkat paling tinggi pada saat lima sampai tujuh tahun setelah wanita melahirkan.

Tak hanya itu, pada saat tersebut, risiko wanita meninggal akibat kanker payudara juga meningkat hingga 2,5 kali lipat. Ini tak hanya berlaku pada kehamilan pertama, melainkan juga untuk kehamilan-kehamilan selanjutnya.

Apa yang menyebabkan hal ini? Peneliti menemukan bahwa hormon yang mempersiapkan payudara untuk menyusui dan memproduksi ASI sama dengan hormon yang bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker. Untuk itu, selama lima tahun pertama setelah melahirkan, sangat penting bagi wanita untuk memperhatikan perubahan yang terjadi pada payudaranya.

Namun ibu baru tak perlu terlalu khawatir, karena menyusui anak juga diketahui bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Peneliti percaya bahwa ketika sel payudara mulai dewasa dan memproduksi ASI, terdapat perubahan pada struktur gen yang melindungi wanita dari penyakit tersebut.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa sebaiknya wanita memperhatikan dengan pasti kesehatan payudara mereka setelah melahirkan dan berusaha menyusui anak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar