- Ketahui gejala kanker limfoma yang tidak dipedulikan

Rabu, 03 Januari 2018

Ketahui gejala kanker limfoma yang tidak dipedulikan

ketahui gejala kanker limfoma yang tidak dipedulikan,- Kanker limfoma, atau biasa yang dikenal dengan sebutan kanker kelenjar getah bening, ialah sejenis kanker yang tumbuh akibat mutasi atau terjadinya perubahan sel darah putih yang sebelumnya normal menjadi ganas. Sel ganas ini dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah, maupun organ lainnya.

Menurut data Globalcom tahun 2012, limfoma merupakan salah satu dari sepuluh penyakit kanker terbanyak di dunia. Untuk itu, kita harus selalu waspada terhadap penyakit mematikan ini dengan melakukan gaya hidup sehat.

Anda pun dapat mendeteksi sejak dini penyakit kanker seperti demam, penurunan berat badan, hilang selera makan, mudah lelah, sesak nafas, batuk, gatal-gatal di seluruh tubuh, pembesaran amandel, serta sakit kepala.

"Bila Anda kurus tiba-tiba, ada benjelon pada organ tubuh seperti di leher yang tidak bisa digerakkan, tidak sakit, keras, sangat menempel di kulit, dan bengkak. Dan, jika Anda sakit gigi tidak sembuh walau sudah menggunakan anti-biotik, tahi lalat memerah. Itu adalah beberapa gejala kanker yang patut Anda curigai," jelas Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PDl-KHOM, Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dr. Aru menambahkan, seseorang yang membiasakan makan sayur dan buah tiga sampai empat kali sehari dapat mengurangi 30 persen terkena kanker. Dan, yang terpenting aktivitas fisik seperti aerobik harus selalu diterapakan setiap hari.

"90 persen kanker disebabkan oleh lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi pewarna makanan, perokok aktif atau pasif. Bahkan, faktor keturunan hanya lima persen bisa terjangkit kanker. Stres bukanlah pemicu kanker berkembang," kata dr.Aru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar